Minggu, 14 November 2010

tugas

1. Pengertian Organisasi

Organisasi menurut Stoner

Organisasi adalah suatu pola hubungan – hubungan yang melalui orang – orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujua bersama.
Drs. Malayu S.P Hasibuan mengatakan “organisasi ialah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya merupakan alat dan wadah saja”.
Prof. Dr. Mr Prajudi Armosudiro mengatakan örganisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama – sama mencapai tujuan tertentu.

2. Manajemen dan Organisasi

Istilah manajemen memiliki berbagai pengertian. Secara universal manajemen adalah pengguna sumberdaya organisasi untuk mencapai sasaran dan kinerja yang tinggi dalam berbagai tipe organisasi profit maupun non profit. Manajemen merupakan proses mengelola danmengkoordinasi sumber daya – sumber daya secara efektif dan efisien sebagai usaha untuk mencapai tujuan organisasi.
Manajemen organisasi
Secara khusus manajemeen organisasi mempunyai dua tugas utama yakni efektivitas dan efisiensi, dimana :
>effective is to do the right something. Dimana efektif merupakan pencapaian tujuan atau target.
>efficiens is to do the something right. Sedangkan efisien adalah cara dalam mencapai tujuan atau target tersebut dengan memperkecil pengeluaran atau pemborosan, sehingga dalam menjalankan organisasi dengan menggunakan sedikit mungkin sumberdaya namun mencapai tujuan yang aksimal.

3. Manajemen dan Tata Kerja

Manajemen

Menjelaskan perlunya ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber – sumber serta waktu sebagai faktor – faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan.

Tata Kerja

Menjelaskan bagaimana proses kehiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber –sumber dan waktu yang tersedia, cara bagaimana (how) agar sumber – sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat pula.

4. Manajemen, Organisasi, dan Tata Kerja

Eratnya hubungan atau hubungan timbal balik antara ketiga hal tersebut adalah sebagai berikut :
a)Manajemen : Proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia.
b)Organisasi : Alat bagi pencapaian ujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerja sama.
c)Tata kerja: Pola cara – cara bagaimana kegiatan dan kerjasama tersebut harus dilaksanakan sehinggatjuan tercapai secara efisien.
Dari konsep tersebut, jelaslah bahwa baik manajemen, organisasi maupun tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan. Pola cara – cara bagaimana kegiatan dan kerja sama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.

Rangkuman

Bahwa organisasi, manajemen dan tata kerja saling bersangkutan satu sama lain, agar tercapainya hasil dari satu tujuan sebuah organisasi. Dan masing – masing memiliki peranya sendiri untuk menyokong tujuan tsb. Pada dasarnya pengertian organisasi dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu organisasi dalam arti statis dan dalam arti dinamis. Terdapat hubungan yang erat antara manajemen, organisasi dan metode (tata kerja). Manajemen, organisasi dan tata kerja ketiganya diarahka kepada tercapainya tujuan secara efisien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar