Minggu, 04 November 2012


GPS(Global Positioning System)


Global Positioning System (GPS) adalah suatu sistem navigasi yang memanfaatkan satelit. Penerima GPS memperoleh sinyal dari beberapa satelit yang mengorbit bumi. Satelit yang mengitari bumi pada orbit pendek ini terdiri dari 24 susunan satelit, dengan 21 satelit aktif dan 3 buah satelit sebagai cadangan. Dengan susunan orbit tertentu, maka satelit GPS bisa diterima diseluruh permukaan bumi dengan penampakan antara 4 sampai 8 buah satelit. GPS dapat memberikan informasi posisi dan waktu dengan ketelitian sangat tinggi.

Nama lengkapnya adalah NAVSTAR GPS (Navigational Satellite Timing and Ranging Global Positioning System; ada juga yang mengartikan “Navigation System Using Timing and Ranging.”) Dari perbedaan singkatan itu, orang lebih mengenal cukup dengan nama GPS.
GPS mulai diaktifkan untuk umum 17 juli 1995.
Informasi GPS ditransmisikan oleh beberapa satelit (tiga satelit misalnya) sehingga GPS receiver mampu mengkalkulasi dan menampilkan seakurat mungkin posisi, kecepatan dan informasi waktu kepada pengguna GPS.

Teknologi GPS pertama kali digunakan oleh United States Departement of Defense (DOD) untuk kebutuhan militer. Sistem GPS mulai digunakan sejak tahun 1980, namun pemakaian secara umum oleh publik baru sekira tahun 1990-an.

Keistimewaan GPS adalah mampu bekerja dalam berbagai kondisi cuaca, siang atau malam. Keakuratan sebuah perangkat GPS bisa mencapai 15 meter, bahkan model terbaru yang dilengkapi teknologi Wide Area Augmentation System (WAAS) keakuratannya sampai 3 meter.

contoh aplikasi :
  • Google Maps 

Google Maps merupakan salah satu aplikasi web yang menyediakan fasilitas untuk mencari suatu lokasi atau tempat tertentu dan menampilkannya dalam format peta.

Dengan Google Maps kita bisa mengetahui berbagai hal yang berkaitan dengan lokasi yang kita cari secara detail, misalnya denah lokasi, penunjuk arah jalan, street view, gambar satelit (untuk kota-kota tertentu), dan sebagainya.

Kita bisa mengakses Google Maps secara gratis dengan mengunjungi websitenya secara langsung. Selain itu, Google juga menyediakan fasilitas Google Maps API untuk para developer. Dengan Google Maps API, developer bisa menampilkan peta di website lain, membuat aplikasi mobile yang mengakses Google Maps dan sebagainya.



  • GPS Maps



Jika phone Adroid Anda dilengkapi dengan fitur gps, maka GPS Maps merupakan aplikasi yang akan sangat membantu Anda jika Anda tidak tahu arah dalam perjalanan ke suatu lokasi / suatu tempat. Dengan aplikasi ini, Anda dapat melacak / menandai ke mana saja Anda sudah melakukan perjalanan. Beberapa aplikasi Maps bahkan bisa menunjukkan(menyarankan) ke mana Anda harus berjalan jika Anda ingin menuju ke suatu lokasi tertentu. Contoh aplikasi GPS Maps: Google Maps, GPSCompassMaps.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar