NPM : 14109824
KELAS : 4KA16
DISKUSI
Untuk produk biskuit kaleng yang dipasarkan di pasar lokal dan juga ke beberapa negara tetangga, perusahaan apa sajakah yang terlibat sehingga anda bisa membeli produk tersebut di sebuah supermarket?
Gambarkan supply chain dari produk ini.
SEVERAL CRITICAL QUESTIONS
1. Where do you source your materials?
2. Where do you process or convert them?
3. What channels of distribution do you use?
4. How do you build a strong relationship with your suppliers and customers?
5. How do you get direct information from your end-consumers?
6. What logistics structure should you impose?
7. How do you coordinate your information flows and systems globally?
8. And how do you set up incentive systems for all of your partners in the supply chain to optimize overall performance?
penjelasan
Pada tahap
pembuatan Biskuit, memerlukan kerja sama dari pabrik lain. Karena dibutuhkan
berbagai macam campuran dan bahan-bahan dasar yang selanjutnya diolah agar
dapat menjadi sebuah produk Biskuit yang berkualitas dan cita rasa yang
diinginkan. Bahan–bahan tersebut terigu yang berbahan dasar gandum yang dapat
diperoleh dari pemasok gandum, telur yang diperoleh dari pemasok telur, garam
yang diperoleh dari pemasok garam, mentega yang diperoleh dari penghasil minyak,
gula yang berasal dari petani tebu dan pabrik kaleng.
Setelah
tahap pembuatan Biskuit selesai, dapat dikemas dalam proses packaging. maka
jadilah produk Biskuit yang siap dipasarkan melalui distributor yang kemudian
disalurkan ke supermarket, lalu sampai ke konsumen. Atau melalui pengecer dan
langsung ke tangan konsumen.
Cara untuk menjalin hubungan yang baik
dengan para supplier dan kostumer adalah dengan bersikap professional, dapat di
percaya, dan melakukan komunikasi yang baik.
Untuk mendapatkan informasi secara langsung
dari konsumen terakhir yaitu dengan cara memberikan brosur/iklan melalui media
online dan cetak. Dengan bahasa yang merangsang konsumen ingin mencoba produk
kita. Terutama menggunakan gambar biskuit, ditambah kata-kata rasa dari biskuit
dan juga manfaat yang konsumen dapat setelah mengkonsumsi biskuit tersebut pada iklan nantinya.
Struktur logika yang digunakan dalam
management ini adalah dengan cara penjualan dilakukan dengan distributor ke
supermarket kemudian konsumen Atau melalui pengecer dan langsung ke tangan konsumen. Mengembangkan jit
manufacturing. Mengembangkan e-commerce. Melakukan kemitraan.
jangan mentah2 di copy-paste ya :)
BalasHapusiya pak dosen,.
BalasHapusini sudah saya ganti,.
mohon di baca kembali,.
terimakasih atas ke ringananya,.
:)