Rabu, 17 Oktober 2012

SUPPLY CHAIN PADA PRODUK BISKUIT KALENG

NAMA : INDRA SETIAWAN
NPM : 14109824
KELAS : 4KA16

DISKUSI
Untuk produk biskuit kaleng yang dipasarkan di pasar lokal dan juga ke beberapa negara tetangga, perusahaan apa sajakah yang terlibat sehingga anda bisa membeli produk tersebut di sebuah supermarket?
Gambarkan supply chain dari produk ini.

SEVERAL CRITICAL QUESTIONS
1. Where do you source your materials?
2. Where do you process or convert them?
3. What channels of distribution do you use?
4. How do you build a strong relationship with your suppliers and customers?
5. How do you get direct information from your end-consumers?
6. What logistics structure should you impose?
7. How do you coordinate your information flows and systems globally?
8. And how do you set up incentive systems for all of your partners in the supply chain to optimize overall performance?

penjelasan





Pada tahap pembuatan Biskuit, memerlukan kerja sama dari pabrik lain. Karena dibutuhkan berbagai macam campuran dan bahan-bahan dasar yang selanjutnya diolah agar dapat menjadi sebuah produk Biskuit yang berkualitas dan cita rasa yang diinginkan. Bahan–bahan tersebut terigu yang berbahan dasar gandum yang dapat diperoleh dari pemasok gandum, telur yang diperoleh dari pemasok telur, garam yang diperoleh dari pemasok garam, mentega yang diperoleh dari penghasil minyak, gula yang berasal dari petani tebu dan pabrik kaleng.

Setelah tahap pembuatan Biskuit selesai, dapat dikemas dalam proses packaging. maka jadilah produk Biskuit yang siap dipasarkan melalui distributor yang kemudian disalurkan ke supermarket, lalu sampai ke konsumen. Atau melalui pengecer dan langsung ke tangan konsumen.

Cara untuk menjalin hubungan yang baik dengan para supplier dan kostumer adalah dengan bersikap professional, dapat di percaya, dan melakukan komunikasi yang baik.

Untuk mendapatkan informasi secara langsung dari konsumen terakhir yaitu dengan cara memberikan brosur/iklan melalui media online dan cetak. Dengan bahasa yang merangsang konsumen ingin mencoba produk kita. Terutama menggunakan gambar biskuit, ditambah kata-kata rasa dari biskuit dan juga manfaat yang konsumen dapat setelah mengkonsumsi biskuit tersebut pada iklan nantinya.

Struktur logika yang digunakan dalam management ini adalah dengan cara penjualan dilakukan dengan distributor ke supermarket kemudian konsumen Atau melalui pengecer dan langsung ke tangan konsumen. Mengembangkan jit manufacturing. Mengembangkan e-commerce. Melakukan kemitraan.

Dengan meningkatkan kualitas penjualan dan kualitas biskuit yang dijual sehingga mampu menarik banyak minat dari konsumen untuk membeli biskuit yang diproduksi dengan begitu maka mitra kerja pemasok akan bejalan optimal

2 komentar:

  1. jangan mentah2 di copy-paste ya :)

    BalasHapus
  2. iya pak dosen,.
    ini sudah saya ganti,.

    mohon di baca kembali,.

    terimakasih atas ke ringananya,.
    :)

    BalasHapus