Jumat, 29 Juni 2012


Tugas V-class Analisis dan Perancangan Sistem

PRETEST (Apa yang anda ketahui mengenai analisa dan perancangan berbasis objek)

analisa dan perancangan berbasis objek


Analisis dan desain berorientasi objek adalah cara baru dalam memikirkan suatu masalah dengan menggunakan model yang dibuat menurut konsep sekitar dunia nyata. Dasar pembuatan adalah objek, yang merupakan kombinasi antara struktur data dan perilaku dalam satu entitas. Model berorientasi objek bermanfaat untuk memahami masalah, komunikasi dengan ahli aplikasi, pemodelan suatu organisasi, menyiapkan dokumentasi serta perancangan program dan basis data. Pertama-tama suatu model analisis dibuat untuk menggambarkan aspek dasar dari domain aplikasi, dimana model tersebut berisi objek yang terdapat dalam domain aplikasi termasuk deskripsi dari keterangan objek dan perilakunya.
(OOD) Sebuah metode desain di mana sistem dimodelkan sebagaikumpulan bekerja sama objek dan objek individu diperlakukansebagai instance dari kelas dalam hirarki kelas . Empat tahapdapat diidentifikasi: mengidentifikasi kelas dan objek,mengidentifikasi mereka semantik , mengidentifikasi hubunganmereka dan menentukan antarmuka kelas dan objek danimplementasi. Desain berorientasi obyek adalah salah satu tahapdari pemrograman berorientasi obyek .

Objek

• Identitas berarti bahwa data diukur mempunyai nilai tertentu yang
membedakan entitas disebut Objek.
• Objek dapat kongkrit, seperti halnya arsip dalam sistem, atau konseptual seperti kebijakan penjadualan dalam multiprocessing
pada sistem operasi.
• Setiap objek mempunyai sifat yang melekat pada identitasnya
• Dua objek dapat berbeda walaupun bila semua nilai atributnya identik.

Kelas Objek
• Kelas merupakan gambaran sekumpulan Objek yang terbagi dalam atribut, operasi, metode, hubungan, dan makna yang sama.
• Suatu kegiatan mengumpulkan data (atribut) dan perilaku (operasi) yang mempunyai struktur data sama ke dalam satu grup.
• Kelas Objek merupakan wadah bagi Objek. Dapat digunakan untuk menciptakan Objek.
• Objek mewakili fakta/keterangan dari sebuah kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar